STATEMEN FRONT MAHASISWA DEMOKRATIK SENTRA GERAKAN MUDA KERAKYATAN

Kamis, 13 November 2014

MENGECAM TINDAKAN BRUTAL APARAT KEPOLISIAN KOTA MAKASSAR TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
 

Ditengah situasi ekonomi politik bangsa ini yang terus  dideru gelombang Neoliberalisme dan semakin dilucutinya kedaulatan rakyat atas pengambilan keputusan kebijakan ekonomi politik di Indonesia. Sehingga menyebabkan munculnya berbagai konflik dan gerakan oposisi terhadap kebijakan-kebijakan tersebut yang berorientasi pada modal diantaranya program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan  Materplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Tak ketinggalan Pula peran Militer yaitu TNI dan Aparat Kepolisian sebagai alat Legitimasi Negara untuk mengamankan Arus Modal serta mengawal kondusifitas dari perlawanan-perlawanan Rakyat dan tak segan melakukan tindakan brutal sebagai jalan terakhir demi keamanan semu.

Setelah terpilihnya Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia yang tertunya melajutkan program kebijakan Neolib yang telah disebutkan diatas dari Rezim Sebelumnya/SBY juga akan menaikan Harga Bahan Bakar Minyak yang dianggab telah melanggar UUD kita “BBM tidak boleh di tentukan oleh siapapun juga kecuali oleh hikmah kebijaksanaan yang sesuai dengan kepatutan, daya beli masyarakat dan nilai strategisnya bagi sektor-sektor kehidupan ekonomi lainnya" mengapa ? karena BBM termasuk dalam "barang yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak". Namun ternyata selama ini sesuai dengan UU nomor 22 tahun 2001. Pasal 28 ayat 2 “harga bahan bakar minyak dan gas bumi diserahkan pada mekanisme persaingan usaha yang sehat dan wajar” meyebabkan rakyat Indonesia harus membayar minyak yang dihasilkan dari Alamnya sendiri dengan harga yang di tentukan oleh perusahaan NYMEX di New York. Sungguh Ironis !

Rencana kenaikan BBM juga Menuai banyak protes dari masyarakat, dan paling membara terjadi di Kota Makassar. Hampir setiap Hari Makassar di media cetak dan elektronik memberitakan adanya Aksi protes terhadap rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak dan tak jarang terjadi cheos antara mahasiswa dengan pihak kepolisian.

Seperti halnya Kemarin pada hari kamis, tanggal 13 November 2014 di Makassar adalah aksi kesekian kalinya penolakan terhadap kibijakan Jokowi/JK tentang rencana kenaikan harga BBM oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Adanya pembubaran paksa terhadap massa aksi mengawali terjadinya bentrok antara mahasiswa dan aparat kepolisian kemudian berakhir dengan tindakan brutal aparat kepolisian memukul mundur mahasiswa sampai kedalam kampus. Lebih parahnya lagi aparat kepolisian memporak porandakan fasilitas kampus dan menembakkan Gas Air mata kearah mahasiswa yang sedang dalam proses perkuliahan juga pemukulan terhadap dua orang wartawan dan 20 mahasiswa luka-luka yang menjadi tahanan saat ini.

Situasi diatas sesuai dengan pernyataan Kapolri Jenderal Pol Sutarman bahwa “Polri siap pasang badan jika program-program yang akan dijalankan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla diprotes oleh rakyat” dia juga mengatakan “Kalau ada aksi protes, kami yang akan menghadapi masyarakat”. Ini adalah bentuk pernyataan subversive yang membungkam demokrasi dan setia melindungi arus modal demi kondusifitas jalannya program Neolib yang semakin mengakar kuat di Indonesia.

Maka dari itu Perlu di pahami bahwa Isu kekerasan saja tidak akan pernah memberi garis Demokrasi yg jelas antara Demonstran dan aparat keamanan. Apalagi di tengah opotunisme media-media, sebab ini adalah soal pro dan Kontra Neolib !

Sebagai gerakan intelektual mahasiswa di Makassar pada khususnya, harusnya mampu mengartikulasi obyektifitas setiap konflik yang di hadapi masyarakat, bukan semata hanya terperangkap tindak tanduk Heroisme yang mandul akan propaganda terhadap situasi kondisi obyektif yang terjadi. Mahasiswa seharusnya mampu mengkonsolidasikan ritme gerakan yang mencuat saat ini bersama dengan Elemen rakyat lainnya, utamanya gerakan buruh yang mulai teruji gerakannya secara rapih dan massif dibanding gerakan mahasiswa yang masih terperangkap pada romantic sejarah dan terkesan masih teguh pada sentemen ideologis yang mendasari gerakan mahasiswa masih cenderung terkotak-kotakkan. Tidak satu tindakan, tidak satu perspektif dalam mengawal dan melawan Kebijakan Neolib !

Dari situasi diatas maka kami dari Front Mahasiswa Demokratik – Sentra Gerakan Muda Kerakyatan Kota Makassar menyatakan sikap :
  1. Mengecam Tindakan Brutal Oleh Aparat Kepolisian Kota Makassar Terhadap Mahasiswa Universitas Negeri Makassar
  2. Bangun Konsolidasi Lanjutan Mahasiswa atas tindakan Brutal Aparat Kepolisian Kota Makassar
  3. Tolak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak
  4. Jokowi/JK adalah Rezim Neoliberalisme
  5. Bangun persatuan gerakan mahasiswa, buruh, dan kaum tertindas lainnya
  6. Bangun Kesadaran Politik Klas Pada Mahasiswa
  7. Bangun Politik Alternatif
Apabila Usul Ditolak Tanpa Ditimbang, Suara Dibungkang Kritik Ditolak Tanpa Alasan, Dituduh Subversive Dan Mengganggu Keamanan. Maka Hanya Ada Satu Kata LAWAN!!! Wiji Thukul 1986
Belajar, Berorganisasi, Revolusi

Front Mahasiswa Demokratik
Sentra Gerakan Muda Kerakyatan

Makassar, 14 November 2014
 
sumber : www.tribuntimur.com

aparat merusak kendaraan dalam kampus, Sumber:  www.tribuntimur.com 

polisi memukuli mahasiswa yang tidak ikut aksi sumber : www.tribuntimur.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, mengkritik, di kolum dibawah dengan komentar-komentar serrta kritikan yang ilmiah. study, organisasi, dan revolusi. salam muda kerakyatan, salam sosialisme