Kumpulan Puisi Kawan Irwan GPMD-SGMK

Selasa, 11 November 2014

KELUH SEJARAH

Coretan : irwan (jelata kiri)
Cipta sejarah yang kalian telah ukir di pundakku
Kalian menjadikan aku sebagai alat pelindungmu
Tanpa kalian merasa takut..
Akan tetesan darah yang kalian telah perbuat di masa itu

Ada yang melihatmu...
Ada yang memandangimu...
Ada pula yang mencatat semua apa yang kalian telah perbuat,
Di masa itu..

Kalian adalah pembelok sejarah
Mengatakan TIDAK kalau sebenarnya itu adalah IYA
Dengan mudahnya kalian melakukan hal keji itu
Alasan apakah gerangan kalian melakukan hal seperti itu.?

Kini kalian membuat orang-orang percaya akan ke hebatanmu
Tapi apakah kalian pernah percaya.?
Kalaw di belakangmu ada yang akan menusukmu.?
Menusuk perutmu itu yang penuh dengan kotoran yang kalian makan dari sejarahku...

Kebenaran telah kalian belokkan
Kepercayaan telah kalian hilangkan
dan parahnya lagi.
Hak-hak orang lain kalian telah rampas dengan tangan yang penuh gumpalan darah.

Kalian sungguh keji’
Sengaja membelokkan ku (sejarah)
Agar kalian terhindar dari kebenaran yang sesungguhnya.


Perjuangan kecil dari seorang anak jelata
coretan : irwan (jelata kiri)

Terbangun di waktu fajar yang dingin
Mulai berkemas di dalam gubuk yang mereka anggap itu adalah sampah
Bermodalkan satu buah kain yang menempel di tubuh
Untuk menjaga dari cengkraman terik sinar matahari yang menanti di luar sana

Kini mulai melangkahkan kaki menuju sudut pinggiran kota
Menghampiri setumpukan sisa-sisa yang mereka telah buang di pinggiran kota ini
dengan satu alasan...
dengan hanya mendapatkan sesuap nasi untuk perut yang kosong ini

panasnya terik matahari kini membuatku lelah
dan bercucurlah keringat hasil jerih payah ini karena satu alasan itu
mulai menyandarkan tubuh ini di balik tembok gedung yang tinggi
seakan ia melindungiku dari ganasnya terik sinar matahari

mencoba menutup mata secara perlahan
namun entah mengapa dan dari mana sebuah bayangan hitam hadir di hadapanku,
ia mulai berbisik di telingah kiri dan kananku
sekan mengajak raga ini untuk bangkit melakukan sebuah langkah yang lebih maju

aku masi ingat apa yang telah di bisikkan kepadaku
bayangan itu berkata...
“Nak bangkitlah dan lakukan sebuah perjuangan untuk melenyapkan penindasan terhadapmu dan saudara-saudaramu dari tirani ini”

Dengan bermodalkan setetes tinta merah
Ku coretkan perjuanganku di atas kertas bersih ini
Yang lahir dari sudut pinggiran kota ini.


SEBATAS KEMAMPUAN ANAK JELATA
Karya : irwan (jelata kiri)
Aku ingin menjadi orang yang mampu membahagiakanmu 
Aku ingin selalu ada dalam setiap langkah kakimu
Tapi keterbatasanku sebagai anak jelata 
Pasti mereka-mereka berfikir aku tidak akan mampu melakukan hal itu

IYA.......!!
Tapi apakah aku di ciptakan untuk menjadi beban bagimu ?
Orang-orang yang faham pasti akan berkata,
TIDAK....!!

Aku memang lahir dari seorang yang kecil 
Aku memang lahir dari keluarga yang tidak di pandang
Tetapi aku fikir ini adalah sebuah jalan bagiku,
Jalan menuju kebahagiaanku

Aku mulai melihat dan mulai mendengar aktifitas yang ada di dekatku
Kadang mampu melahirkan ide dan gagasan untuk menghasilkan hal yang baru
Namun, orang di samping berkata...
“Akkhhhhh.... dia hanya mampu sebatas itu saja” “kasihan dia hehehee”

Tapi aku anggap itu hanyalah angin lalu saja
Tidak mungkin juga aku menganggap itu adalah kesalahan
Karena ini adalah satu kemampuan anak jelata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, mengkritik, di kolum dibawah dengan komentar-komentar serrta kritikan yang ilmiah. study, organisasi, dan revolusi. salam muda kerakyatan, salam sosialisme