PENGANTAR DISKUSI DAS KAPITAL

Sabtu, 05 April 2014


"DISKUSI DAS KAPITAL I, II, DAN III"

 

DAS KAPITAL Marx adalah sebuah dari buku-buku yang amat penting dan berpengaruh ditulis. Setiap orang yang mengerti dunia modern  ini, haruslah membaca buku itu. Sayang buku itu rada menjengkelkan. Beberapa dari kesukaran itu tak terhindarkan karena ketidak laziman dan pikiran yang rumit-rumit yang memang tidak mudah dimengerti. Tapi buku itu terlihat menakutkan daripada yang sebenarnya. Terminologi Marx, gaya argumentasinya, mungkin terasa asing mulanya. Beberapa bab pendahuluan bahkan lebih abstrak dan sulit. Tapi pembaca yang tangguh akan memungut faedahnya. 
Tujuan saya dengan penuntun ini, membuat DAS KAPITAL lebih mudah dicerna. Sebagian besar isi penuntun ini terdiri dari bab-bab yang memberikan keterangan mengenai kapital, menjelaskan dan memberikan keterangan mengenai kapital, menjelaskan dan mengidentifikasikan bahaya-bahaya pokok dari argumentasi Marx. Saya telah mencabut bagian-bagian tertentu untuk mengomentarinya secara khusus, apabila Marx memasuki hal-hal kritis dalam analisanya. Atau, ketika ia memasuki masalah-masalah besar yang tidak cukup panjang ditulisnya dimanapun.

Melakukan ini sudah tentu berarti mengadakan penilaian terhadap apa yang penting dan apa pengertian Marx tentang itu. Tapi saya mencoba menguntit teks sedekat dan sebisa mungkin. Dan saya menyerahkannya kepada pembaca mengambil kesimpulan. Sengaja saya menghindari bahasan terperinci mengenai debat tentang interpretasi atas teori-teori Marx, karena penuntun ini hanyalah penuntun untuk DAS KAPITAL, bukan Marxisme seumumnya. Saya punya beberapa referensi untuk memperdebatkan masalah-masalah khusus sebagai awal  bacaan lanjutan. Namun saya  memang tidak berusaha agar buku ini mencakup segala. Sebuah penuntun bagi literatur sekunder yang amat luas akan memenuhi sebuah buku lain lagi.
DAS KAPITAL dapat diperoleh dalam bermacam edisi dengan halaman yang juga bermacam. Bahkan pem-bab-an, pembagian dan pen-jilid-an berbeda-beda (beberapa versi jilid satu, ada yang dipecah menjadi dua jilid). Judul bab yang dipakai penuntun ini, cukuplah untuk membuat pembaca dapat menemukan persamaannya pada bab-bab edisi lainnya. Saya menggunakan edisi Moskow, yang mungkin lebih banyak kemungkinan memperolehnya, ketimbang edisi lainnya. (DAS KAPITAL diterbitkan dalam bermacam cetakan di berbagai negeri). Saya membubuhkan semua referensi menurut Jilid, Bagian, Bab dan Seksi. Jadi tidak menurut halaman. Dengan begitu ia dapat ditemukan di setiap edisi. Mengenai terminologi saya mengikuti terjemahan Jilid Satu dari Aveling dan Moore, seperti yang ada pada Edisi Moskow, karena itu yang telah disetujui Engels. Pilihan seseorang mungkin saja dapat dipersoalkan.
Adanya introduksi (Pengantar) dimaksudkan untuk menempatkan DAS KAPITAL ke dalam konteks kehidupan Marx dengan seluruh karyanya. Ia juga memperkenalkan sejumlah penulis yang sering menjadi rujukan. Lampiran satu adalah suatu bahasan singkat terhadap kata pembuka dan penutup kata Marx dan Engels untuk bermacam edisi dan jilid DAS KAPITAL. Lampiran Dua berisi Manifesto Komunis dan Lampiran Tiga, kata pengantar dan pendahuluan  A CONTRIBITION TO THE CRITIQUE OF POLITICAL EKONOMI. Karya-karya singkat ini dimaksudkan untuk melengkapi DAS KAPITAL. Akhirnya saya juga menyediakan sebuah daftar istilah-istilah Teknis dari Marx.
Saya berterima kasih kepada Janet Brewer dan Paul Bowles atas komentar-komentar mereka yang sangat membantu. Juga untuk Marjorie Lunt atas keterampilan dan kesabarannya mengetik naskah. Mereka tidak dapat dipersalahkan atas setiap kesalahan yang masih tersisa. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, mengkritik, di kolum dibawah dengan komentar-komentar serrta kritikan yang ilmiah. study, organisasi, dan revolusi. salam muda kerakyatan, salam sosialisme