MAY DAY 2016 ; TOLAK LIBERALISASI, BANGUN PERSATUAN BURUH DAN WUJUDKAN DEMOKRASI SEJATI

Senin, 02 Mei 2016



 MAY DAY KOTA MAKASSAR
Salam Rakyat Pekerja.....
Hidup Buruh....
Hidup Mahasiswa...
Hidup Rakyat Yang Berlawan....

Aksi peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) tanggal 1 Mei 2016 di peringati seluruh buruh sedunia tidak terkecuali buruh dan elemen gerakan rakyat lainnya di kota Makassar, peringatan Hari Buruh Sedunia yang biasa disebut dengan MAY DAY, dalam persatuan gerakan rakyat dengan bentuk Aliansi Solidaritas Aksi Masyarakat Untuk Rakyat Indonesia (SAMURAI) untuk MAY DAY, Makassar 1/5/2016. 

Organisasi yang tergabung didalam seperti: FMD–SGMK, GSBN-SGBN, SPN, SMI, FMK MAKASSAR, SRIKANDI-FMK, KPO PRP, PRP, SP ANGIN MAMIRI, FOSIS UMI, FPEN, PMII RAYON HUKUM UMI, PEMBEBASAN, GMPA, PERHIMPUNAN MERDEKA, YLBHM, SJPM, KIPAS, LBH Makassar, PKPM.



Massa yang tergabung dalam aliansi berjumlah sekitar 600 orang massa aksi yang tergabung dari beberapa elemen masyarakat. Peserta aksi memulai aksi dengan konvoi dari pintu 2 Kawasan Industri Makassar (KIMA) dilanjutkan konvoi ke Monumen Mandala Kota Makassar lalu  menuju fly over sebagai titik konsentrasi aksi, namun sebelum peserta aksi konvoi  massa aksi terlebih dahulu melakukan kampanye di Kawasan Industri Makassar (KIMA) terhadap buruh yang dirkoordinir oleh Walikota Makassar dengan membagikan selebaran kepada buruh dan masyarakat yang ada disekitar Kawasan Industri Makassar.

Aksi konvoi yang berjalan dan di awasi dari pihak keamanan mulai dari pintu 2 KIMA kota Makassar membuat kemacetan total dari jalan Perintis  sampai  Fly Over kota Makassar, dari perjalanan, menuju monumen Mandala kota Makassar kawan-kawan dari serikat buruh dan organisasi yang tergabung dalam aliansi menyatukan barisan aksi massa yang telah menunggu di Taman Makam Pahlawan kota Makassar untuk melanjutkan konvoi ke titik-titk aksi lainnya.

Titik aksi selanjutnya yang ada di Monumen Mandala dengan pengawasan ratusan aparat keamanan, kawan-kawan massa aksi yang tergabung dalam SAMURAI menyuarakan orasi politiknya diatas mobil komando dengan bantuan pengeras suara. Orasi politik dari kawan-kawan massa aksi yang tergabung dalam aliansi menyuarakan beberapa tuntutan yang terkait dengan penindasan kelas pekerja hari ini diantaranya politik upah murah bagi pekerja.

Setelah beberapa kawan-kawan massa aksi yang tergabung dalam aliansi SAMURAI telah menyampaikan orasi politiknya di Monumen Mandala kita bergeser ke titik aksi selanjutnya dengan kembali melakukan konvoi dari Monumen Mandala menuju Fly Over Makassar. Konvoi menuju Fly Over, massa aksi terfokus untuk memaksa pengusaha nakal yang masih membuka perusahaannya untuk menutup dan meliburkan buruh yang dipekerjakannya karena 1 Mei adalah hari demokrasi buruh, hari kemerdekaan buruh, dan hari berekspresi buruh, hari dimana buruh libur nasional. Sebab itu kawan-kawan buruh memaksa pengusaha nakal untuk menutup dan meliburkan pekerjanya sepanjang konvoi dari Monumen Mandala ke Fly Over Makassar.

Setelah massa aksi konvoi dari Pukul 09.15 sampai 13.00 WITA, massa aksi yang tergabung dalam Aliansi SAMUARAI untuk MAY DAY 2016 baru tiba di Fly Over yang dianggap strategis untuk menyampaikan orasi politik dan juga sebagai titik konsentrasi utama aksi. Sebelum kita menuju jembatan Fly Over Kawan Hamka dari GSBN-SGBN selaku JENDLAP Aksi mengarahkan peserta aksi May Day kali ini untuk tetap dalam satu komando dan tidak terpropokasi oleh keadaan.

Sebelum kawan-kawan KORLAP dari organisasi yang tergabung dalam aliansi SAMURAI menyampaikan orasi politiknya, massa aksi melakukan prakondisi untuk mencoba membakar gambar Jokowi dan Barack Obama untuk membuat media terkonsentrasi kepada aliansi SAMURAI, dan dari upaya untuk membakar gambar Jokowi dan Barack Obama sempat terjadi saling dorong dari pihak aparat keamanan dan massa aksi yang mencoba membakar gambar Jokowi dan Obama.
Dalam penyampaian orasi politik dari KORLAP masing-masing organisasi yang tergabung dalam aliansi SAMURAI untuk MAY DAY 2016 disimpulkan dalam satu pernyataan sikap yaitu :

“TOLAK LIBERALISASI, BANGUN PERSATUAN BURUH DAN WUJUDKAN DEMOKRASI SEJATI”


  1. CABUT PP 78 tahun 2015 TENTANG PENGUPAHAN
  2. TOLAK BPJS
  3. BERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP BURUH MIGRAN
  4. BERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP BURUH PEREMPUAN
  5. TOLAK UU NO 12 / 2012
  6. WUJUDKAN PENDIDIKAN GRATIS,FEMINIS,EKONOMIS,DEMOKRATIS,ILMIAH, & BERVISI KERAKYATAN
  7. WUJUDKAN K3 BAGI SELURUH PEKERJA MAKASSAR
  8. DISTRIBUSI KEKAYAAN NASIONAL, BANGUN INDUSTRI NASIONAL & NASIONALISASI ASET VITAL DIBAWAH KONTROL RAKYAT
  9. STOP PERAMPASAN TANAH RAKYAT
  10. BEBASKAN 26 KAWAN-KAWAN AKTIVIS, STOP KRIMINALISASI GERAKAN RAKYAT
  11. TARIK MILITER DARI TANAH PAPUA & HENTIKAN PELANGGARAN HAM
  12. HAPUS SISTEM KERJA KONTRAK/OUTSORCING

Setelah pembacaan pernyataan sikap oleh kawan JENDLAP tepat pada Pukul 14.15 WITA massa aksi membubarkan diri dengan damai.

SALAM RAKYAT PEKERJA...!
HIDUP BURUH...!
HIDUP MAHSISWA....!
PANJANG UMUR PERLAWAN..!
 
TERIMA KASIH......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar, mengkritik, di kolum dibawah dengan komentar-komentar serrta kritikan yang ilmiah. study, organisasi, dan revolusi. salam muda kerakyatan, salam sosialisme